Suka Menolong adalah ciri orang Taqwa

Sabtu, November 11, 2017



help each other
(ilustrasi ) menolong - pixabay

Salah satu ciri orang bertakwa adalah suka menolong, baik pada saat lapang maupun sempit, artinya dia selalu mempersiapkan dirinya setiap waktu agar bisa menolong siapapun. Allah Subhanahuwata'alla berfirman : "(yaitu) orang - orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit... " (QS Ali Imran 134)

Jadi salah satu ciri orang bertakwa adalah selalu menafkahkan hartanya baik di waktu lapang maupun sempit.. jika ia dalam keadaan lapang maka gairah untuk menolong sesama menggebu-gebu dan jika dalam kondisi sempit tidak membuatnya kendor atau semangatnya menurun untuk tetap menolong orang lain. Inilah cara untuk menjaga agar tangan kita selalu diatas.

Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : "Sampaikanlah keperluan orang-orang yang tidak mampu menyampaikan keperluannya kepada sultan, Barang siapa (yang menolong) menyampaikan keperluan (orang tersebut) kepada sultan kelak di hari kiamat Allah Subhanahuwata'alla akan menetapkan kedua telapak kakinya di atas shiratal mustaqim" (HR. Thabrani)


Jika kita gemar menolong maka disuatu saat, yakinlah, Allah akan menolong kita pada saat kita dalam kesusahan dan kesulitan. Demikian juga halnya jika kita telah berniat menolong orang lain maka Allah akan memampukan kita untuk melakukannya. Balasan tertinggi yang diberikan Allah kepada seseorang yang gemar menolong orang ain adalah menguatkan kaki orang itu menapak di shiratul mustaqim, sehingga selamat menyeberang menuju surga. Dan jangan lupa menolong hendaklah diniatkan dengan ikhlas, tidak dengan pamrih. jadikan semata-mata karena Allah Subhanahuwata'alla.

Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula)
QS. Ar-Rahman : 60

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.