10 Benda yang tersingkir oleh kehadiran Smartphone

Sabtu, September 12, 2015

Tak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi smartphone membuat keseharian kita menjadi lebih mudah, lebih efisien, namun juga smartphone telah membunuh kebiasaan atau sesuatu yang kita kenal sehari - hari, (khususnya bagi kamu kamu nih yang berasal dari era 1990'an ), contohnya apa hayo? Di Indonesia terdapat satu benda yang paling hilang atau terlupakan semenjak adanya ponsel/handphone (telepon genggam), hingga akhirnya hadirlah smartphone yaitu Radio Panggil atau dikenal dengan nama Pager.
 
tersingkir karena smartphone
Radio Panggil atau Pager

Berikut ini 10 benda yang tersingkir dengan ramainya kepemilikan smartphone di tangan setiap orang, menurut laman Deutcsche Welle, yaitu :


1. Surat dan Kartu Pos
yap, surat dengan tulisan tangan beserta kartu pos. hal pertama yang mudah tersingkir dengan kegunaan dan kecepatan pengiriman informasi, pesan dengan smartphone saat ini, semenjak ponsel hadir, dengan fitur smsnya ( short messages services ), surat sudah jarang digunakan, kecuali dalam beberapa hal, seperti urusan resmi, pengiriman dokumen ke instansi tertentu dan sebagainya.

hey old man, remember me?
2. Pager
Di Era 1990-an, saat itu pager sangat populer, benda kecil hitam yang melekat dan dipasang di pinggang orang - orang dewasa, remaja, menggunakan pager. tanpa pager, kurang gaul, menjadi patokan bahwa seorang individu itu orang yang penting (simbol gengsi). operator ternama yang mengoperasikan pager di Jakarta, diantaranya adalah Starco dan Starpage, saat ini keduanya telah dilupakan dan terlupakan oleh masyarakat.
nih Video Musik tentang pager yang populer di jamannya :

nostalgia kah?? berarti anda sudah tua. (#ups)

3. Kamera dan Album Foto
10 tahun lalu orang masih bisa bersabar beberapa hari menunggu hasil jepretan kamera selesai, (dicuci cetak) saat ini sebuah momen dapat diabadikan dan dinikmati hasilnya dalam hitungan detik, disimpan dalam perangkat elektronik (sdcard), serta disimpan kedalam cloud storage, diunggah ke media sosial seperti picasa, google drive, instagram, dan sebagainya, smartphone beserta aplikasi dan penyedia layanan telah membuat tukang foto keliling yang berada di kawasan - kawasan pariwisata kehilangan pekerjaannya, setiap orang bisa dengan mudahnya berfoto tanpa membawa, memiliki kamera, juga album foto yang memiliki kumpulan foto - foto lama, mulai terlupakan.

ilustrasi kamera tua - publicdomainpictures.net
4. Walkman
Ingat kotak kecil yang bisa memainkan lagu? yang berisi kaset atau cd dan alat tersebut di pegang di tangan, seseorang dengan headset terpakai di kuping yang seringkali kita bisa lihat di jalan-jalan? nah, memasuki tahun 2000, keberadaan walkman mulai terancam dengan kehadiran MP3 dengan playernya, sekarang semua itu bisa digantikan dengan ponsel, smartphone.

walkman 90an
walkman in 90's

5. Jam Tangan dan Weker
Memang fungsi dan keunggulan jam tangan tidak akan tergoyahkan dengan kehadiran ponsel, apalagi jam tangan saat ini telah menjadi trend fashion, aksesoris yang dirasakan wajib bagi pria dan wanita, namun bagi sebagian orang, ponsel sudah mencukupi kebutuhan mereka untuk mengetahui waktu, (digital clock), serta dengan Alarm yang menggantikan fungsi Jam Weker, dengan suara yang membangunkan tidak itu itu saja, tririririririririririring tiriririririririiririring, dengan smartphone suara pembangun tersebut bisa di atur dengan nada yang sesuai keinginan kita

jam weker antik - source
6. Kalkulator
Di tahun 2000, mereka yang berurusan dengan masalah keuanganan pasti memiliki atau wajib memiliki kalkulator, tetapi tidak hanya itu saja, para siswa/i, mahasiswa/i pun juga perlu benda ini karena perlunya perhitungan cepat untuk fungsi - fungsi tertentu. Nah, saat ini kalkulator bisa digantikan dengan aplikasi yang terdapat pada smartphone.

smartphone and kalkulator
kalkulator
7. Buku Catatan (notes)
Dalam sebuah acara penting, meeting, konferensi pers, atau pertemuan - pertemuan lainnya yang membutuhkan pencatatan, sudah jarang orang mencatat dengan pulpen dan kertas (walaupun masih ada). Dengan ponsel atau smartphone. semua kejadian atau berita acara bisa diabadikan baik dengan audio, maupun visual, dan sekarang sudah zamannya Catatan digital, saya sendiri menggunakan Evernote, karena bisa digunakan secara offline dan tersinkronisasi saat online di smartphone, PC, laptop.

Evernote UI in PC

8. Jadwal Harian (agenda)
Dulu waktu saya masih anak - anak, sering kali melihat buku agak besar bertuliskan AGENDA, punya ayah saya, atau ibu, paman, tante, yang didapatkan dari kantor tempatnya bekerja di dalamnya adalah halaman kosong dengan tanggal sehari - hari di setiap lembar halamannya, juga ada berbentuk kalender. saat ini buku agenda tersebut sudah jarang ditemukan, dengan smartphone semua acara harian anda dapat di catat, dan juga akan mengingatkan kita akan jadwal yang telah tersimpan, contohnya google calendar. atau reminder di smartphone.

9. Navigasi (peta)
Zaman dulu orang mengandalkan peta untuk mencari suatu lokasi, dan juga bertanya dengan orang-orang yang ditemui di jalan. dengan Smartphone di tangan anda tidak perlu membutuhkan peta lagi dan tidak perlu juga untuk menyapa orang di jalan dan bertanya alamat harus ke arah mana anda berjalan, sekarang di smartphone pun sudah tersedia peta online, (google maps) maupun offline.


10. Telepon Umum
Sampai tahun 1990-an, koin merupakan benda yang masih di cari dan diminati, bagi para muda mudi yang ingin berkomunikasi dan bercengkrama dengan kekasihnya lewat telepon, pernah lihat di film - film jaman dulu? ketika orang yang ingin menelpon di telepon umum harus mengantri dan itupun tidak sebentar karena seseorang yang dalam bilik telepon umum tersebut memiliki banyak koin recehan? huft. seperti itulah gambaran zaman keemasan telepon umum, kalau anda tahu dan paham yang saya ceritakan, bahkan mengalaminya sendiri berarti anda sudah tua (peace hehe). sekarang jika masih ada, hampir tidak ada seorang pun yang memanfaatkannya.
Telepon Umum
atmajayanews - Telepon umum

Source Image :
- kartu pos
- wikipedia
- kamera
- walkman 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.